Bacaan Doa Sholat Mayit / Jenazah Laki-Laki, Perempuan Lengkap

Doa Sholat Mayit – Sholat mayit atau jenazah merupakan sholat yang dilakukan ketika ada seorang muslim yang meninggal dunia. Sholat ini hukumnya fardhu kifayah yang artinya wajib dilaksanakan oleh orang sekitar yang berdekatan dengan orang yang meninggal tersebut. Apabila tidak ada yang mensholatkan, maka semua orang satu kampung akan mendapatkan dosa.

Biasanya sholat mayit dilaksanakan secara berjamaah. Meskipun anda jarang sholat misalnya, tidak ada salahnya untuk mengikuti sholat ini demi menunjukkan rasa bela sungkawa terhadap keluarga yang ditinggalkan dan juga kepedulian antar sesama warga.

Karena jarang dilaksanakan, mungkin sebagian orang banyak yang lupa bacaan dan tata cara untuk menunaikan sholat jenazah ini. Maka dari itu bacaandoa.net kali ini akan membahasnya secara lengkap.

doa sholat mayit

Sholat Jenazah

Tata Cara dan Bacaan Doa Sholat Mayit / Jenazah

Untuk gerakan, sholat ini berbeda dengan sholat sunnah atau wajib biasa. Tanpa Ruku’ dan juga Sujud, cukup berdiri saja sampai takbir ke 4.

Bacaan Niat Sholat Jenazah
Pertama kita baca niat sholat jenazah dulu. Boleh dilafalkan dengan bahasa arab atau bahasa indonesia didalam hati.

اُصَلِّيْ عَلىَ هَذَا اْلَميِّتِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii ‘alaa haadzal mayyiti lillaahi ta’aala
Aku niat menshalatkan mayyit (laki-laki) ini, karena Allah Ta’aala
Jika yang Meninggal Perempuan
اُصَلِّيْ عَلىَ هَذِهِ اْلَميِّتَةِ ِللهِ تَعَالَى
Ushallii ‘alaa haadzal mayyitati lillaahi ta’aala
Aku niat menshalatkan mayyit (peremuan) ini, karena Allah Ta’aala

Bacaan Takbir Pertama
Bacaan sholat mayit takbir pertama adalah membaca surat alfatihah.
diawali dengan :
A’uudzubillaahi minasy syaithaanir rajiim (Aku berlindung dari syaitan yang terkutuk)
Selanjutnya membaca surat Al Fatihah.

Bacaan Takbir Kedua
Setelah membaca Fatihah, kemudian membaca takbir lagi sambil mengangkat tangan seperti pada takbiratul ihram. Bacaan setelah takbir kedua yaitu membaca shalawat kepada Nabi.

أللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى أَلِ إِبْرَاهِيْمَ فِى اْلعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَّجِيْدٌ

Allaahumma shalli ‘alaa  muhammadin, wa ‘alaa aali  muhammadin, kamaa shallaita ‘alaa ibraahiima, wa ‘alaa aali  ibraahiima. Wa baarik ‘alaa  muhammadin, wa ‘alaa aali  muhammadin, kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima, wa ‘alaa aali  ibraahiima.  Fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya :
“Ya Allah, berilah rahmat kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah memberikan rahmat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Berilah berkah kepada Muhammad dan keluarganya (termasuk anak dan istri atau umatnya), sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”

Baca juga : Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh

Bacaan Takbir Ketiga
Setelah membaca sholawat, kembali melakukan takbir untuk yang ke tiga kalinya lalu membaca doa di bawah ini.

Bacaan doa ini khusus jenazah laki-laki :

الَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وأَكْرِمْ نُزُوْلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِمَاءٍ وثَلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهِ مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَى الثَوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وأََهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ وَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Allaahummaghfirlahuu, warhamhuu, wa ‘aafihii, wa’fu ‘anhuu, wa akrim nuzuulahuu, wa wassi’ madkhalahuu, waghsilhu bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihii minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhu daaran khairan min daarihii, wa ahlan khairan min ahlihii, wa zaujan khairan min zaujihii, waqihi fitnatal qabri wa ‘adzaabannaar.

Artinya :
Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan istri yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

Apabila jenazahnya perempuan, maka bacalah doa di bawah ini :

الَّلهُمَّ اغْفِرْ لَهَا وَارْحَمهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا وأَكْرِمْ نُزُوْلَهَا وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا وَاغْسِلْهَا بِمَاءٍ وثَلْجٍ وَبَرَدٍ وَنَقِّهَا مِنَ اْلخَطَايَا كَمَا يُنَقَى الثَوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا وأََهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهَا وَزَوْجًا خَيْراً مِنْ زَوْجِهَا وَقِهِهَا فِتْنَةَ القَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ

Allaahummaghfirlahaa, warhamhaa, wa ‘aafihaa, wa’fu ‘anhaa, wa akrim nuzuulahaa, wa wassi’ madkhalahaa, waghsilhaa bimaa-in watsaljin wabaradin, wanaqqihaa minal khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minaddanasi, wa abdilhaa daaran khairan min daarihaa, wa ahlan khairan min ahlihaa, wa zaujan khairan min zaujihaa, waqihaa fitnatal qabri wa ‘adzaabannaar.

Artinya :
Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, maafkanlah dia, ampunilah kesalahannya, muliakanlah kematiannya, lapangkanlah kuburannya, cucilah kesalahannya dengan air, es dan embun  sebagaimana mencuci pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah suaminya dengan suami yang lebih baik, hindarkanlah dari fitnah kubur dan siksa neraka.

Bacaan Takbir Keempat
Selanjutnya kembali membaca takbir ke empat yang merupakan takbir terakhir. Setelah takbir ke empat, membaca doa di bawah ini :

Jenazah Laki – Laki :

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهُ وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهُ

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahuu, walaa taftinnaa ba’dahuu

Apabila jenazahnya perempuan, bacalah doa di bawah ini :

اَلَّلهُمّ لاَتَحْرِمْنا أَجْرَهَا وَلاَتَفْتِِنَّا بَعْدَهَا

Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa, walaa taftinnaa ba’dahaa

Artinya :
Ya Allah, janganlah Engkau haramkan Kami dari pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah pada kami setelah kematiannya.

Bacaan salam
Setelah membaca doa takbir ke empat, dilanjutkan dengan membaca salam ke kanan dan ke kiri.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalaamu ‘alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh

Artinya :
“Keselamatan, rahmat Allah dan keberkahan-Nya semoga untuk kalian semua”

Itulah tata cara dan Bacaan Doa Sholat Mayit / Jenazah Laki-Laki, Perempuan Lengkap. Semoga dengan artikel ini, anda akan lebih khusuk dalam melaksanakan sholat jenazah. Silahkan share agar supaya sodara kita tau info bacaan sholat jenazah ini. Terima kasih sudah berkunjung. Semoga kita semua selalu ada dalam perlindunganNYA. Amiin Ya Rabbal Alamin.

Bacaan Doa Sholat Mayit / Jenazah Laki-Laki, Perempuan Lengkap | admin | 4.5