Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaannya Niat Serta Doa Yang Benar

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaannya – Perlu diketahui, sholat tahajud itu artinya shalat malam. Tahajud aslinya berasal dari kata “tahajjud” dalam bahasa Arab, dimana kata dasar adalah “hajada” yang maknanya adalah “tidur” dan juga bisa mempunyai makna “shalat di malam hari”. “Haajid” adalah sebutan untuk orang yang melakukan salat malam. Jadi makna dari bertahajud adalah mengerjakan sholat sunah pada malam hari, setelah tidur.

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaannya

Semua shalat sunah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur, dengan demikian, disebut shalat tahajud atau shalat malam (shalatullail). Menurut makna “tahajud” yang berarti shalat malam setelah bangun dari tidur, memang seakan-akan shalat tahajud itu menyaratkan tidur lebih dulu. Apabila belum melakukan tidur malam maka shalat tersebut bukan dinamakan shalat tahajud, akan tetapi sholat itu dinamakan shalat “qiyamullail” (shalat malam).

Sesuai keterang yang terdapat dalam kitab Nihayatuzain di bawah ini:

sholat Tahajud

Waktu Sholat Tahajud

Waktu Sholat Tahjud yang utama adalah sebagai berikut :

  • Sepertiga pertama, dimulai kira-kira dari jam 19.30 sampai dengan jam 22.00, ini waktu utama.
  • Sepertiga kedua, dimulai kira-kira dari jam 22.00 sampai dengan jam 01.00, ini waktu yang lebih utama.
  • Sepertiga ketiga, dimulai kira-kira dari jam 01.00 sampai dengan masuknya waktu subuh, ini waktu yang paling utama.

tata cara sholat tahajud yang benar, tata cara sholat tahajud dan witir, tata cara sholat tahajud dan bacaannya pdf, tata cara sholat tahajud muhammadiyah, tata cara sholat tahajud menurut sunnah rasul
Jumlah bilangan rakaat dalam sholat tahajud paling sedikit dua rakaat, dan maksimal tidak terbatas, namun jika anda ingin melaksanakan sholat tahajud 4 rakaat, maka harus dipisah oleh salam, maksudnya setiap dua rakaat harus salam, dan diteruskan lagi untuk dua rakaat berikutnya.

Seperti yang sudah diutarakan di bagian atas bahwasanya sholat tahajud itu boleh dilakukan setelah kita bangun tidur malam, baik secara sendiri maupun berjamaah. Hukum sholat tahajud berjamaah memang Hukumnya BOLEH tidak makruh dan tidak berpahala, tetapi kalau bertujuan memberi dorongan atau pelajaran untuk melakukannya maka berpahala yang demikian tersebut apabila pelaksanaan jamaah dalam sholat sunah tersebut tidak menimbulkan hal-hal yang diharamkan seperti menyakiti atau memberi kesan bahwa shalat tahajjud tersebut disyariatkan dilakukan dengan cara berjamaah maka menjadi haram hukumnya.

Doa Sholat Tahajud

Mengenai pelaksanaan tata cara sholat tahajud sebenarnya sama dengan praktek sholat fardhu mengenai gerakan dan bacaanya, yang membedakan adalah pada niatnya saja. Dan niatnya adalah seperti di bawah ini.

“Ussholi Sunnata tahajudi rak’ataini lil lahi ta’alaa.”

Artinya : Saya Sholat sunat tahajud dua rakaat ikhlas karena Alloh ta’alaa.Setelah Anda niat, selanjutnya Anda membaca Surat Al-Fatihah, dan surat surat lainnya, namun kebanyakan orang membaca Surah Al-Baqoroh dari Ayat 284-286.

Itu untuk rakaat yang pertama.

Untuk rakaat yang kedua, Pertama anda membaca surah Al-Fatihah, dan diteruskan dengan membaca surah Al-Imron Ayat 18 sampai dengan Ayat 27.

Catatan : Jika Anda belum hafal surat tersebut, Anda boleh membaca surat lain yang Anda hafal.

Setetah selesai melaksanakan sholat tahajud, dianjurkan untuk membaca doa tahajud

Doa Sholat Tahajud

Bacaan doa setelah Sholat Tahajud
Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau”.

Agar lebih jelas mengenai bacaan doa sholat Tahajud, silahkan baca artikel berikut: Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud Arab, Latin dan Artinya.

Mungkin itu dulu informasi dari bacaandoa.net mengenai tata cara sholat tahajud dan bacaannya yang lengkap, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi anda..

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Bacaannya Niat Serta Doa Yang Benar | admin | 4.5